Cara Membuat Artikel Infografis

312
Pengertian Infografis

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari dua kata yaitu Information dan Graphics. Infografis adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

 

Infografis atau Infografik?

Proses pembuatan infografis disebut data-visualizationinformation design, atau information architecture. Penulisan yang benar adalah infografis dengan S, bukan infografik dengan K. Masih terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan kata ini.

 

Langkah-langkah Membuat Artikel Infografis

Tentukan Tema

Seperti halnya dengan menulis artikel hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema infografis yang akan kamu buat, dalam hal ini sebagai contoh Haidesain.com mengangkat “Perbandingan Blogger dengan WordPress.com” sebagai tema.

 Kembangkan Ide Pokok

Kemudian kembangkan tema dengan menentukan ide pokok yang akan dibahas. Sebagai contoh :

  • Dari segi popularitas, WordPress (hosted dan self-hosted) saat ini berada di peringkat pertama sebagai CMS yang paling populer dengan persentase pasar sebesar 39% daripada total pengguna CMS lain. Sedangkan Blogger ada di peringkat 4 dengan persentase pasar 1%.
  • Dari segi kemudahan untuk dibuat WordPress.com dan Blogger setara. Keduanya merupakan yang paling mudah dibuat karena anda hanya perlu mendaftarkan akun di websitenya masing-masing.
  • Dari segi biaya pembuatan, Anda tidak perlu biaya sama sekali untuk membuat akun di keduanya. Meskipun ada batasan storage, nantinya anda bisa membayar bulanan untuk meningkatkan kapasitas.
  • Dari segi kapasitas, WordPress.com dibatasi 3 GB, $99/tahun untuk upgrade menjadi 13 GB. Sedangkan di Blogger gratis 15 GB (untuk foto tidak terbatas)
  • Dari segi kemudahan untuk digunakan WordPress.com lebih mudah untuk dikelola dan punya tampilan dasbor yang lebih ramah. Blogger sedikit lebih membingungkan terutama ketika anda ingin mencari suatu menu di dasbornya
Buat ilustrasi / ikon dari Ide Pokok yang telah dikembangkan

Dari ide pokok diatas dapat dilihat bahwa yang perlu dibuatkan ilustrasi adalah “Popularitas, kemudahan pembuatan, biaya, kapasitas, dan kemudahan penggunaan”, kamu dapat mencari ilustrasinya di google atau membuatnya sendiri.

Buat Desain Header dan Background

Setelah semua ilustrasi telah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat header dan background. Tulis judul infografismu pada header.

 

Masukkan Ilustrasi/Ikon dan Pembahasan

Setelah header dan background telah selesai kamu buat selanjutnya adalah memasukkan ilustrasi dan ikon kedalam background

 

Well, demikian Cara Membuat Artikel Infografis, semoga postingan ini bermanfaat untuk kamu, dan semua orang yang membaca tulisan ini, jangan lupa baca postingan menarik lainnya dari Haidesain.com

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More